Friday, February 13, 2009

Nominasi Academy Design Award 2008 (PACK 2U)

DJANTAN KRETEK (nominasi pemenang kemasan tembakau)

Oleh: Laras Pratiwi


DJANTAN CIGARETTE PACKAGING DESCRIPTION

Saya memilih membuat desain kemasan tembakau karena saya merasa desain-desain yang dipakai oleh UKM sangat bergantung pada desain produk tembakau nasional dan internasional yang sudah ada. Desain-desain produk UKM malahan nyaris meyerupai desain produk nasional dan internasional, yang hanya diganti label dan mereknya saja. Menurut hukum yang berlaku, hal tersebut sudah termasuk tindak pidana dalam hal peniruan atau tidak plagiarism. Dengan latar belakang tersebut saya terdorong untuk membuat desain, label, dan merek baru untuk produk tembakau UKM khususnya di Kudus, Jawa Timur.

Merek yang saya ciptakan diberi nama DJANTAN. Djantan adalah ejaan yang belum disempurnakan dari kata sifat JANTAN. Menggunakan jenis font Aguadafont dengan warna emas dengan perpaduan warna R:156, G:139, B:51 dan C:36%, M:35%, Y:96%, K:12%. Layout depan menggunakan grafis tile dengan warna putih yang disamari dan background depan berwarna hitam dan background dalam dengan putih.

Menggunakan sistem slide pada kemasan, kemasan terdiri dari dua bagian. Bagian dalam sebagai tempat tembakau dan bagian luar sebagai penutup. Ukuran awalnya untuk bagian luar adalah 12,49 * 12, 59 dan untuk bagian dalam dengan ukuran 13,49 * 10,41. Tetapi ukuran dapat disesuaikan dengan keadaan dilapangan.

logo (DJANTAN).jpgLogo sendiri saya ciptakan dengan paduan warna hitam dan putih. Hal tersebut dilakukan guna membuat perpaduan yang sama dengan kemasan.berbentuk lingkaran diasosiasikan sebagai suatu kenikmatan yang tidak ada ujungnya, karena terus berputar. Menggunakan inisial dari DJANTAN yaitu D yang diletakan di tengah-tengah logo produk.



1 comments:

Sinta Paramita said...

congratulation

Post a Comment